07 Maret 2011

7 Fakta Kerjasama Nokia dan Microsoft


Ada berita bagus dibidang teknologi nih, tentang kerjasama Nokia dan Microsoft. Semoga saja kerjasama ini semakin mempermudah hidup kita (positif). Orang-orang diseluruh dunia bisa berinteraksi / berkomunikasi lebih dekat, lebih instan, ya...seperti slogan Nokia "Connecting People". Informasi ini FIANZONER peroleh dari Teknologinet.com.


Nokia telah melakukan kerja sama dengan Microsoft dalam penggunaan sistem operasinya yakni Windows Phone 7 (WP 7). Kerja sama ini ditujukkan untuk mempertahankan posisi Nokia sebagai raja ponsel di dunia. Inilah 7 fakta mengenai kerja sama Nokia dan Microsoft yang dikutip dari Times of India:

1. Nokia dan Microsoft Mengkombinasikan Aset
Nokia dan Microsoft mengkombinasikan aset untuk mengembangkan dan memasarkan produk mobile. Nokia membayar lisensi pemakaian WP 7. Sebagai imbalan, Microsoft berinvestasi dalam marketing dan pengembangan ponsel. Kesepakatan lisensi dinilai ruwet karena beberapa teknologi Nokia akan dibenamkan di WP 7, seperti fitur navigasi dan peta.


2. Pertukaran Teknologi
Nokia memberikan mereknya yang lebih unggul di dunia smartphone, perangkat ponsel, toko aplikasi yang dibenamkan di Windows Phone 7 Marketplace dan teknologi peta. Sedangkan Microsoft berkontribusi dalam software Windows Phone 7, Bing, Xbox Live serta software Office.

3. Nokia Membuat Dua Divisi Pengembangan Ponsel
Bersamaan dengan pengumuman memakai WP 7, Nokia menyatakan akan membuat dua unit khusus pengembangan ponsel. Dua unit dimaksud yakni divisi Smart Devices yang kini dipimpin Jo Harlow, dan divisi Mobile Phones.


4. Symbian dan MeeGo Belum Disingkirkan
Kedatangan Windows Phone 7 belum akan menyingkirkan OS asli Nokia, yaitu Symbian dan MeeGo. Namun demikian, keduanya hanya jadi pelengkap karena WP 7 adalah OS utama Nokia untuk produk smartphonenya.


5. Nokia Memangkas Anggaran Penelitian dan Pengembangan
Nokia berniat memangkas anggaran bidang penelitian dan pengembangan. CEO Nokia, Stephen Elop, menyatakan bahwa dana divisi ini empat kali lebih banyak daripada yang dikeluarkan Apple dan sebagian besar diarahkan untuk Symbian. Dengan WP 7 jadi platform utama, pemangkasan anggaran dalam bidang ini adalah wajar.

6. Nokia akan Melakukan PHK
Nokia menyatakan akan ada pemangkasan jumlah pekerja di Nokia, yang bakal dilakukan di berbagai belahan dunia, termasuk Finlandia. Namun CEO Nokia, Stephen Elop, belum memastikan seberapa banyak karyawan yang di-PHK dan di bagian apa saja.


7. Nokia Urung Pilih Android
Stephen Elop mengaku telah melakukan diskusi intensif dengan Google soal adopsi Android. Pada akhirnya Nokia menilai akan kesulitan membedakan produknya dari pabrikan Android lainnya yang sudah malang melintang. Di sisi lain, Google juga kuat di bidang layanan peta dan Nokia tak ingin layanan Ovi Maps diabaikan. Akibatnya, Nokia pun batal adopsi Android.

1 comments:

ahmad wahyudin mengatakan...

jual rumah jawa limasan, joglo dan rumah kampung

Posting Komentar

Untuk mendukung FIANZONER jangan lupa klik SATU IKLAN saja ya...FIANZONER ucapkan terima kasih atas komentar dan kunjungan Agan :)