29 Mei 2010

Menghentikan Kebiasaan Buruk

Menghentikan Kebiasaan Buruk


Anda suka menggigit-gigit kuku, memelintir rambut atau memainkan kuping orang? Ini saatnya Anda menghentikan kebiasaan buruk yang mungkin sudah bertahun-tahun menjadi kebiasaan Anda.

1. Tentukan seberapa serius Anda ingin menghentikan kebiasaan buruk itu. Niat jadi kunci penting. Untuk menunjukkan komitmen yang kuat, Anda perlu waktu dan tenaga untuk memberi perhatian terhadap kebiasaan buruk Anda sehingga bisa merubahnya.

2. Tahan diri
Anda jika kebiasaan buruk itu mulai datang. Tuliskan bila hal itu terjadi, tuliskan juga perasaan dan apa yang Anda pikirkan ketika melakukan kebiasaan buruk itu.

3. Baca kembali tulisan
Anda sewaktu-waktu. Ketahuilah biasanya kebiasaan buruk itu datang dalam kondisi dan situasi yang seperti apa. Apakah kebiasaan itu datang untuk mengatasi rasa bosan, panik stres atau marah?

4. Pikirkan usaha apa yang bisa
Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk itu. Tentunya dengan cara positif. Buat daftar usaha yang akan Anda lakukan kemudian cobalah satu per satu.

5. Lakukan secara berkala dengan patokan seminggu sekali. Coba
Anda ganti kebiasaan buruk Anda kepada sesuatu yang jauh lebih berguna. Jadikan itu kebiasaan baru Anda yang tentunya lebih baik ketimbang sebelumnya.

6. Dukungan dari teman dekat di sekitar
Anda juga penting. Minta teman Anda untuk membantu mengingatkan agar kebiasaan itu tidak jadi berlarut-larut. 

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ...

0 comments:

Posting Komentar

Untuk mendukung FIANZONER jangan lupa klik SATU IKLAN saja ya...FIANZONER ucapkan terima kasih atas komentar dan kunjungan Agan :)