20 Mei 2010

Belajar Meminta Maaf Dengan Tulus

Belajar Meminta Maaf Dengan Tulus

Jika Anda sedang membangun hubungan, entah itu pertemanan atau berpacaran, suatu saat Anda akan berhadapan dengan konflik. Konflik yang tidak terselesaikan biasanya akan merusak hubungan yang sedang Anda bangun, namun sebenarnya ada sebuah kalimat sederhana yang bisa Anda ucapkan untuk membuat hubungan tetap berjalan baik meskipun dilanda konflik.

Kalimat sederhana itu adalah “Aku Minta Maaf”. Tapi sayangnya kebanyakan dari kita tidak diajar untuk mengucapkan kalimat ini sehingga kita sukar sekali untuk mengatakannya. Jika Anda termasuk orang yang sukar untuk meminta maaf, di bawah ini ada beberapa cara untuk membantu Anda bisa meminta maaf secara tulus, sebagai berikut :

1. Berlatih untuk mengucapkan “Aku Minta Maaf” untuk kesalahan-kesalahan yang telah Anda lakukan. Semakin sering Anda mengucapkan kalimat ini, lama-kelamaan Anda akan merasa bahwa meminta maaf bukanlah hal yang sulit dilakukan.

2. Katakan “Aku Minta Maaf”, tanpa alasan atau embel-embel yang lain. Kecenderungan kita adalah ingin membela diri sendiri sehingga kita sering mengucapkan, “Aku minta maaf, tapi....” Sebenarnya tidak ada salahnya untuk membela diri tetapi jangan campurkan permintaan maaf Anda dengan pembelaan diri Anda. Cukup katakan "Aku minta maaf. Aku salah." Karena ketulusan hati Anda akan membuka pintu hati lawan bicara Anda untuk lebih dapat menerima alasan atau pembelaan Anda nantinya.

3. Jangan tunda permintaan maaf Anda terlalu lama. Segera minta maaf begitu Anda merasakan ada sesuatu yang tidak beres antara Anda dengan orang lain. Jika Anda menundanya terlalu lama maka permintaan maaf Anda akan kehilangan maknanya bahkan bisa jadi hubungan Anda akan semakin buruk.

Hanya orang dewasa yang bisa mengucapkan permintaan maaf yang tulus dan bisa mengalah untuk mempertahankan sebuah hubungan. Permintaan maaf bukan hanya mampu menyembuhkan hubungan Anda, terlebih lagi hati Anda pun akan mengalami pemulihan yang dari Tuhan.

Sumber : jawaban.com

0 comments:

Posting Komentar

Untuk mendukung FIANZONER jangan lupa klik SATU IKLAN saja ya...FIANZONER ucapkan terima kasih atas komentar dan kunjungan Agan :)