18 Mei 2010

Daftar Negara Terbaik di Dunia

Daftar Negara Terbaik di Dunia

Silahkan Anda tebak, negara-negara apa saja yang termasuk di dalam daftar negara terbaik di Dunia? Setiap kepala negara masing-masing sering kali berkata kepada rakyatnya bahwa negara mereka adalah negara yang terbaik, ini umumnya terjadi pada negara-negara dimana para pemimpinnya adalah orang-orang diktator, seperti negara Korea Utara.
Di bawah ini daftar laporan dari sejumlah organisasi internasional, negara yang diteliti mencapai 193 buah. Katagori negara terbaik (2006) yang di daftarkan di sini meliputi: Lingkungan hidup, HAM (hak-hak asasi manusia), pendidikan, hak wanita dan lain-lain.
Lingkungan hidup. 10 terbaik terdapat di negara European Union. Keempat negara Skandinavia (Norwegia, Swedia, Finlandia dan Denmark) termasuk dalam daftar ini. Finland menempati rengking pertama. Daftar ini dikeluarkan oleh IPPR 2006 dikutip oleh Vexen
Dalam hal recycling barang bekas, UK adalah yang terburuk untuk di EU
Persamaan hak antara pria dan wanita. Golongan yang diteliti melibatkan atoritas politik, memasuki dunia pendidikan, gaji, pekerjaan dan kesehatan. Dari 115 negara yang diteliti. Keempat negara Skandianvia masuk 10 besar. Swedia pertama diikuti Norwegia lalu Finlandia. Pilipina urutan ke-eman. Survei dilakukan oleh Geneva-based World Economic Forum.
Level pendidikan tinggi diantara orang dewasa. 10 tertinggi: Swedia, Norwegia, Denmark, Finland, Kanada, Holland, Czech, UK, USA dan Jerman.
Negara terbaik untuk para ibu. Negara mana yang terbaik untuk para ibu dan anak? Organisasi kemanusian Internasional Save the Children pada laporannya “State of the World’s Mothers 2006″
Menyatakan bahwa negara-negara Skandinavia menempatkan tempat yang tertinggi sementara negara-negara Afrika sub-Sahara berada pada tempat terburuk
Daftar 10 negara terbaik untuk ibu dan anak adalah:
  • Swedia (pertama)
  • Denmark dan Finlandia (kedua)
  • Austria, Jerman, Norwegia (keempat)
  • Australia, Holland (7)
  • Kanada (9)
  • USA, UK (10)
Save the Children pada surveynya menemukan dua factor utama dari rendahnya kematian ibu dan anak serta keberhasilan dalam kesehatan dan pendidikan, yaitu:
  • Ibu-ibu yang berpendidikan nampak pada umumnya menunda pernikahan dan kelahiran yang cepat, … mendorong semua anak-anak mereka, termasuk perempuan-perempuan, masuk sekolah
  • Naiknya pemakain kontrasepsi dan ibu-ibu yang mampu mengatur kelahiran menghasilkan turunnya tingkat kematian pada ibu dan anak.
Pemerintah Swedia sejak 1845 telah menerapkan persamaan hak warisan bagi wanita, pada tahun 1901 merupakan negara pertama yang memperkenalkan program materniti. 1958 gereja Lutheran Swedia telah mengijinkan wanita menjadi pendeta. Dan tahun belakangan ini politikus wanita menempati kira-kira separuh dari Parlement Swedia.
PBB pada Oktober 2009 juga mengeluarkan daftar negara terbaik untuk hidup; didasarkan atas GDP per kapita, pendidikan, life expectancy. Daftar ini berdasarkan data UNDP (The United Nations Development Programme) tahun 2007. Norwegia menempati rengking pertama, diikuti Australia, Iceland sementara negara-negara terburuk adalah Niger, Afganistan. *3
Dari semua aspek yang diteliti (yang tertulis di atas hanyalah sebagian saja), maka dibuat daftar 10 negara terbaik sesuai jumlah nilai angka yang mereka dapatkan, inilah daftarnya:
The Best Countries
#1 Sweden; 1683 points
#2 Denmark; 1598 points
#3 Netherlands; 1572 points
#4 Finland; 1514 points
#5 Germany; 1422 points
#6 UK; 1407 points
#7 Canada; 1373 points
#8 Switzerland; 1326 points
#9 Norway; 1320 points
#10 Belgium; 1208 points

http://senjatarohani.wordpress.com

0 comments:

Posting Komentar

Untuk mendukung FIANZONER jangan lupa klik SATU IKLAN saja ya...FIANZONER ucapkan terima kasih atas komentar dan kunjungan Agan :)