06 Mei 2011

Fungsi Tombol F1 F2 F3 F4 F5 F6 F7 F8 F9 F10 F11 F12 di Keyboard

 
Kemarin ada yang minta bantuan FIANZONER, tentang apa saja fungsi tombol F1 s/d F12 di keybord yang berhubungan dengan perintah / pengerjaan tugas. Sebenarnya tombol-tombol tersebut bisa dikombinasikan dengan tombol lainnya. Tapi untuk kali ini FIANZONER berikan sedikit meski sudah berusaha mencari dan mengumpulkan data dari berbagai sumber bahkan test sendiri tombol-tombol tersebut. Semoga membantu dan bermanfaat :)
 
F1= Membuka panduan Microsoft Word / bantuan (help)
 
F2= Rename / merubah nama file ( Ms. Excel), memindahkan teks atau gambar (Ms. Word).
Caranya: pilih dulu (sorot) teks yg akan dipindahkan, lalu tekan F2, lalu klik pada posisi dimana teks tersebut akan dipindahkan, lalu tekan ENTER.

F3= Mencari file (search), memasukkan AutoText (Ms. Word)

F4= Mengulangi proses / pengetikan yang terakhir dilakukan (Ms. Word), apabila F4 ditekan bersamaan dengan Alt ( Alt + F4) maka berfungsi untuk exit (Ms. Office, dll) / menu shutdown (pada desktop).

F5= Refresh (pada desktop), membuka kotak dialog pencarian (cara singkat menuju bagian tertentu di dalam dokumen)

F6= Menuju ke frame / panel berikutnya (Ms. Word)

F7= Membuka kotak dialog Spelling and Grammar (Ms. Word)
 
 
F8= Menghidupkan mode penyorotan, yaitu menyorot teks tanpa menggunakan tombol SHIFT. Caranya: tekan F8 satu kali, lalu tekan tombol panah ke arah yang anda inginkan. Untuk mengakhiri mode penyorotan, tekan ESC. Jika anda tekan F8 dua kali, secara otomatis akan menyorot satu kata, jika tekan F8 tiga kali akan menyorot satu kalimat, dan seterusnya. Untuk mengurangi ukuran penyorotan, tekan SHIFT+F8. Jangan lupa menekan ESC untuk mengakhiri mode penyorotan.

F9= Mengupdate field yang dipilih / disorot (Ms. Word)
 
F10= Mengaktifkan bar menu ( contoh; file, edit, view )

F11= Menampilkan layar secara full screen (tampilan penuh) dan untuk mengembalikannya tekan F11 lagi, berfungsi juga dalam Ms. Excel merubah bentuk data kedalam chart atau statistik.Fianzoner
 
F12= Menyimpan dokumen dengan nama baru. Ini sama dengan meng-klik menu File, Save As, apabila F12 ditekan bersamaan dengan Ctrl ( Ctrl + F12) pada Ms. Word dan Excel akan membuka file baru fungsi sama dengan Ctrl + O.

Karena fungsi tombol sangatlah beragam tergantung dari aplikasi/program maka FIANZONER harap Anda bersedia berbagi/sharing di kolom komentar untuk menambahkan fungsi tombol yang Anda ketahui, supaya lebih lengkap, terima kasih  :)

Semoga bermanfaat :)

9 comments:

asti sari mengatakan...

terimah kasih.........
infonya...ijin jadikan sumber :)

pemeriharaan mesin mengatakan...

keren

cleaning services mengatakan...

bagus

Armstrong Indonesia mengatakan...

mantap

motivator indonesia mengatakan...

salam kenal

rumah dijual di jakarta selatan mengatakan...

semoga bermanfaat

jantung koroner mengatakan...

tips yang bagus

Unknown mengatakan...

tombol Alt + F4 di laptop saya tidak berfungsi seperti biasanya . apa penyebabnya? apa ada solusinya supaya fungsi itu bisa bekerja seperti biasa?

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

makasih banyak gan sudah share ilmu yang bermanfaat
solder uap

Posting Komentar

Untuk mendukung FIANZONER jangan lupa klik SATU IKLAN saja ya...FIANZONER ucapkan terima kasih atas komentar dan kunjungan Agan :)