04 Januari 2011

Manfaat Membaca

Membaca adalah sebuah kegiatan yang ringan dan sederhana. Siapa pun yang telah lulus SD pasti mampu membaca. Ternyata dibalik kegiatan sederhana ini ada banyak manfaat. Apakah manfaat tersebut? Berikut sedikit ulasannya:
1.        Membaca merupakan proses mental yang aktif
Membaca memaksa kita untuk memahami hal-hal baru. Kegiatan ini membuat otak aktif sehingga menjadi lebih pintar. Dengan membaca pikiran kita akan dipaksa untuk mengikuti logika dan alasan alur teks. (Bandingkan dengan duduk di depan TV - si “kotak idiot.”) Anne E. Cunningham dalam papernya berjudul “What Reading Does for the Mind menemukan bahwa dengan membaca secara umum membuat kita lebih pintar, terutama pada usia tua.

2.        Membaca meningkatkan kemampuan memahami kata dan kalimat
Dengan membaca kita akan menemukan makna-makna baru dari sebuah kata. Hal ini terutama terjadi pada para penulis dan blogger. Para penulis sukses akan mengatakan kepada kita bahwa untuk meningkatkan kemampuan menulis, kita perlu membaca setiap hari. Dengan membaca kita akan mengetahui cara orang menyatakan perasaannya.

3.        Membaca membuat kita mengenal budaya dan tempat lain
Dengan membaca kita akan menemukan keragaman etnis manusia, budayanya, tata kehidupannya dan gaya hidupnya.

4.        Membaca akan meningkatkan konsentrasi pikiran
Membaca buku memerlukan konsentrasi jangka panjang. Semakin sering dilatih, konsentrasi kita akan semakin baik.

5.        Membaca akan meningkatkan penghargaan diri
Dengan banyak membaca maka pengetahuan kita akan bertambah. Jika pengetahuan kita bertambah, maka kepercayaan diri akan muncul. Akibatnya, suatu ketika orang lain akan datang pada kita untuk mencari jawaban atas persoalan yang tengah mereka hadapi.



6.        Membaca akan meningkatkan memori
Otak jika jarang digunakan akan mengalami kemerosotan kemampuan. Semakin sering digunakan, otak kita akan semakin baik dalam bekerja. Dengan membaca kita akan dilatih untuk mengingat detail, nama orang, fakta, sumber tulisan, fakta, alur cerita, tema dan karakter.

7.        Membaca akan meningkatkan kedisiplinan
Satu dari empat orang tak pernah menyelesaikan satu buku pun untuk dibaca. Kita sering beralasan tak ada waktu untuk membaca buku. Justru saat itulah kita ditantang untuk memanfaatkan waktu-waktu senggang untuk membaca. Sisihkan sepuluh-dua puluh menit tiap hari untuk membaca buku.

8.        Membaca akan meningkatkan kreatifitas
Membaca banyak hal mengenai kehidupan, berkenalan dengan gagasan-gagasan baru dan informasi baru akan meningkatkan kreatifitas otak.

9.        Membaca akan membantu memberi bahan pembicaraan
Ada banyak hal dalam buku yang bisa menjadi bahan pembicaraan. Mulai dari kisah novel sampai teori bisnis. Bacaan-bacaan ini bisa menjadi bahan pembicaraan.

10.      Dengan membaca akan mengurangi kebosanan
Jika kita mulai merasa bosan, maka membaca buku-buku yang menarik adalah salah satu solusinya.



11.      Dengan membaca akan mengurangi stres
Di hari yang melelahkan, membaca buku-buku fiksi merupakan sesuatu yang menyenangkan.

12.      Dengan membaca akan mendapatkan kedamaian
Untuk orang-orang yang memiliki energi berlebih, kegiatan membaca membuatnya duduk dan setia. Kegiatan harian seperti ini membuat kita lebih santai.

13.      Dengan membaca akan meningkatkan kemampuan menganalisa dan menemukan solusi
Menurut studi Cunningham, kemampuan menganalisa bisa ditingkatkan dengan membaca. Dengan membaca maka kemampuan umumnya akan meningkat, dan terutama akan meningkatkan kemampuan mengenali pola. Maka kemampuan menganalisa akan meningkat juga. Jika kemampuan menganalisa meningkat, maka kemampuan menemukan solusi juga akan meningkat.

14.      Dengan membaca akan meningkatkan kemampuan menulis
Telah disebutkan bahwa dengan membaca akan meningkatkan kemampuan memahami kata dan meningkatkan kemampuan berpikir. Jika kita sering membaca karya penulis hebat, maka kita akan merasa mampu menulis dengan lebih baik. Kepercayaan diri ini akan mendorong kita untuk berkarya lebih baik.

15.      Dengan membaca akan membantu memprioritaskan tujuan
Kadang kita merasa sudah tahu apa yang kita butuhkan. Namun dengan membaca, kita menemukan banyak hal yang tidak kita ketahui tentang diri kita sendiri. Maka kita akan dapat mengetahui apa yang sebenarnya kita butuhkan.

16.      Dengan membaca meningkatkan kemampuan berimajinasi
Isi dari buku adalah gagasan. Semakin banyak kita membaca, maka akan semakin banyak informasi, ide dan situasi yang masuk ke otak kita. Otak kita dilatih untuk aktif menggunakan kemampuan kreatif.



17.      Dengan membaca kita bisa belajar di mana pun
Buku merupakan sesuatu yang portabel. Bisa di bawa ke mena pun. Maka kita bisa membaca buku di mana pun.

18.      Dengan membaca kita mendapatkan hiburan yang murah
Harga buku ada yang mahal dan ada yang murah. Buku tipis karya dalam negeri biasanya murah. Buku asli impor harganya seratus ribu ke atas. Buku terjemahan harganya empat puluh sampai seratus ribu, tergantung ketebalan. Namun ada juga buku yang murah. Coba cari buku-buku stok lama di pameran buku. Harga buku-buku terjemahan bisa turun menjadi sepertiganya. Buku-buku itu bisa dinikmati satu dua minggu. Dengan nilai uang yang hampir sama kita hanya bisa menonton bioskop untuk dua kali pemutaran.

19.      Dengan membaca kita bisa belajar dengan cara kita sendiri
Pendidikan formal menyita banyak waktu dan dana. Dengan belajar sendiri melalui buku-buku, waktu dan dana tersebut bisa kita hemat. Saya punya pengalaman mengenai hal ini. Kursus jurnalistik yang paling murah ongkosnya sepuluh ribu. Fasilitasnya tentu minim. Saat ini pelatihan jurnalistik untuk tingkat pemula ongkosnya dua puluh sampai lima puluh ribu. Untuk tingkat di atas pemula, ongkosnya diatas seratus ribu. Untuk tingkat menengah, ongkosnya di atas dua ratus ribu. Untuk tingkat profesional, ongkosnya diatas satu juta. Namun dengan uang seratus ribu, kita bisa membeli buku terjemahan stok lama di pameran buku sejumlah dua sampai tiga buah. Jika kita bisa berbahasa Inggris, dengan uang seratus ribu kita bisa men-down-load buku-buku asing dalam jumlah banyak.

20.      Dengan membaca kita bisa meningkatkan kemampuan berlogika
Beberapa buku teks (text book) menyajikan alur logika sebuah penalaran. Ada banyak logika penalaran dalam banyak buku. Ada yang sejalan dengan logika kita, ada yang bertentangan dengan logika kita, bahkan ada yang melawan arus logika umum. Dengan membaca kita diajak untuk melihat logika-logika lain, sehingga kita akan mampu berpikir lebih logis.

21.      Dengan membaca kita bisa menjadi seorang ahli
Brian Tracy mengatakan bahwa untuk menjadi seorang ahli kita harus membaca 100 buku dalam bidang tertentu. Ia mengatakan bahwa dengan melakukan hal ini sampai 5 tahun (tentu jumlah buku yang dibaca menjadi lebih dari 100 buku), kita akan menjadi ahli pada level internasional. Dengan memanfaatkan internet, waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ahli hanya sekitar 3 tahun.

22.      Dengan membaca kita bisa menghindari kegagalan
Dari buku kita bisa tahu bagaimana cara mengelola uang. Maka keuangan pribadi dan usaha kita akan terhindar dari petaka yang parah. Dari buku kita juga bisa belajar nilai-nilai kebijaksanaan sehingga bisa menghindari kesalahan dalam membuat keputusan.



23.      Dengan membaca buku kita bisa menghindar dari ketergantungan terhadap dunia digital
Pada suatu liburan, hujan gerimis turun. Ketika tengah asyik di depan komputer, tiba-tiba listrik padam. Batere HP juga hampir habis. Apa yang akan kita lakukan. Tidur? Jika ada buku yang menarik, rasanya lebih menyenangkan membacanya di teras rumah.

24.      Dengan membaca kita bisa mendapatkan kesenangan lain
Jika kita sudah bertahun-tahun membaca suatu bidang tertentu, kita mungkin akan menjadi seorang ahli. Sebagai ahli kita sering menulis komentar di surat pembaca media cetak atau di internet. Bisa jadi suatu ketika seorang kenalan meminta kita menjadi pembicara di sebuah seminar, atau mengajak kita mengikuti diskusi dengan fasilitas tiket dan akomodasi gratis. Menyenangkan bukan?

Sumber: wikimu.com, inewsindia.com; lifedev.net; socyberty.com; persistenceunlimited.com

1 comments:

Unknown mengatakan...

Ijin share
:D

Posting Komentar

Untuk mendukung FIANZONER jangan lupa klik SATU IKLAN saja ya...FIANZONER ucapkan terima kasih atas komentar dan kunjungan Agan :)