30 November 2010

Warna Busana Kerja Bisa Menentukan Sukses Karir

Dalam dunia kerja, pemilihan busana kerja itu menjadi salah satu aspek yang mendukung kesuksesan karir? Ketika menghadiri interview seorang calon karyawan akan berpakaian seprofessional mungkin untuk memberikan kesan pertama yang baik dari sang pewawancara. Cara agan berpakaian, dan apa yang agan pakai disadari maupun tidak, mencerminkan kepribadian, maksud dan tujuan agan. so jangan salahkan perusahaan kl agan gak keterima kerja di tempat mereka cos agan pake celana jeans saat wawancara, or mengenakan setelan jas / blazer dengan kombinasi warna ‘tabrak lari’ atau motif yang terlalu ´berteriak ´.

Pencitraan diri yang baik juga dari pemilihan warna pakaian loh... Secara kejiwaan, warna itu diyakini memiliki kekuatan khusus yg bisa mempengaruhi mood, emosi, sampai kesehatan baik bagi pemakainya maupun orang di lingkungan sekitarnya. Dalam pemilihan busana kerja, psikologi warna dapat bisa dipake sbg acuan karena warna apapun yang agan pilih nantinya akan menyampaikan kesan yang kuat tentang kepribadian maupun image agan.

Berikut ini adalah uraian tentang makna dibalik warna-warna pakaian yang agan pilih untuk dikenakan:

1.Hitam dan Abu-abu = Serius Konservatif
Banyak yang meyakini bahwa pakaian dengan warna dasar hitam mengesankan keseriusan dan formalitas. Mungkin itulah sebabnya kebanyakan setelah jas atau blazer tersedia dalam hitam. Warna hitam ini menunjukkan adanya kekuasaan (power), semakin gelap warnanya, semakin powerful kelihatannya. Sementara abu-abu hampir pasti bisa dikenakan oleh siapa aja cos memiliki banyak gradasi warna sebagai pilihan yang memberi kesan sophisticated. Abu-abu juga mengisyaratkan bahwa si pemakai orang yang konservatif, pintar, bisa diandalkan, dan stabil. Gunakan warna ini untuk menyampaikan kesan agan orang yang bertanggung jawab. Kombinasikan unsur abu-abu pada penampilan agan seperti blus, dasi, tas, sepatu, tapi hindari memakainya dari atas ke bawah karena agan akan dianggap sebagai orang yang membosankan….widih…sadis euy…

2.Merah = Menarik Perhatian
Warna merah sangat atraktif dan membuat pemakainya terlihat menonjol. Saat membawakan presentasi atau pidato,kenakan pakaian bernuansa warna merah karena warna ini akan menarik perhatian. Merah juga identik dengan passion, memakai warna ini bisa memberi kesan bahwa agan orang yang semangat, determined, dan berani. Jika agan seorang team player, jangan terlalu sering atau banyak menggunakan warna ini dalam keseluruhan penampilan agan karena agan akan terlihat lebih menonjol dari rekan-rekan agan yang lain.

3. Kuning dan Oranye = Pembawa Keceriaan
Jika agan lagi gak bersemangat, coba deh pake pakaian warna kuning atau orange. Warna-warna ceria ini membawa efek kegembiraan pada pemakainya. Warna kuning khususnya dapat menimbulkan rasa optimis dan penuh harapan. Kuning juga membantu menstimulasi pikiran agar lebih berpikir jernih dan menghasilkan ide-ide brilian. Sementara orange adalah pembangun spirit yang baik dan merupakan anti-depressant yang ampuh. Jika agan ingin mencoba mengkombinasikan warna ini dalam pakaian kerja, cobalah untuk memadu padankan warna-warna ini dengan warna lain yang lebih soft atau warna basic yang bisa mengurangi ´keceriaan´-nya.

4. Biru = Penuh Percaya Diri
Warna ini adalah yang paling populer digunakan oleh para karyawan karena menimbulkan kesan formal tapi tidak terlalu serius. Pastikan agan memiliki satu stel jas, blazer, atau atasan berwarna ini karena sifatnya yang sangat fleksibel. Jika k lagan mau sedikit bergaya klasik, gunakanlah warna biru tua/gelap. Biru yang lebih terang seperti navy blue dan biru langit menggambarkan kepercayaan diri yang tinggi. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa navy blue merupakan warna yang paling baik untuk dipakai saat wawancara kerja.

5. Warna lainnya
Pink terkesan lembut, hangat dan feminin sementara ungu memberi aura positif. Namun pink juga memberi kesan less-aggressive dan kurang bersemangat. Cokelat yang identik dengan warna bumi memberi efek kedewasaan kepada pemakainya. Hijau memberi kesan rileks dan menenangkan. Sedangkan putih mengesankan kepolosan, kesucian, dan membawa perasaan damai.

Kalau agan adalah pelaku bisnis atau bekerja di sektor bisnis, warna wajib yang harus menghiasai lemari pakaian agan adalah navy blue, abu-abu dan hitam. Agan bisa menambahkan aksen warna lain yang lebih ceria jika tidak ingin terlihat membosankan. Yang perlu diingat adalah memilih warna pakaian yang sesuai dengan situasi, kondisi, tempat, dan kepentingan. Jangan sampai meeting agan dengan klien jadi kurang nyaman hanya karena agan salah memilih pakaian atau salah kostum. Pilihlah pakaian agan dengan bijak, sesuai dengan situasi dan kondisi serta pesan yang ingin agan tampilkan,karena penampilan agan sendiri yang menentukan kesuksesan agan.

kaskus.us

0 comments:

Posting Komentar

Untuk mendukung FIANZONER jangan lupa klik SATU IKLAN saja ya...FIANZONER ucapkan terima kasih atas komentar dan kunjungan Agan :)